Pengertian Tentang Varises

varises

Varises adalah urat-urat halus yang biasanya berkelok-kelok dan bahkan bisa bercabang-cabang seperti sarang laba-laba. Varises merupakan pelebaran pembuluh darah yang bisa diakibatkan oleh besarnya tekanan ke daerah tertentu, misalnya varises di kaki pada orang yang sering berdiri, ibu hamil, ataupun orang yang kegemukan.
Varises berhubungan erat dengan kelemahan struktur tonus otot pembuluh darah balik atau vena. Pada dasarnya vena tidak mempunyai cukup kekuatan untuk mendorong darah kembali ke peredaran, karena arah alirannya ke atas. Untuk membantu darah bergerak ke atas, vena dilengkapi katup. Katup terbuka untuk membiarkan darah mengalir, kemudian katup menutup kembali setelah darah melaluinya. Jika tonus otot di sekitar pembuluh vena kurang kekuatannya/lemah, maka terjadilah stasis (aliran darah terhenti) dan darah cenderung berkumpul di dasar vena, sehingga vena melebar. Akibatnya, timbul pengendapan-pengendapan darah pada pembuluh vena yang kemudian membentuk tonjolan-tonjolan besar berkelok-kelok berwarna kebiru-biruan, yang kemudian kita kenal sebagai varises.

Penyabab Varises:

Terlalu lama atau terlalu sering mengenakan sepatu berhak tinggi
Terlalu lama berdiri, sehingga memaksa pembuluh darah vena untuk bekerja lebih keras
Faktor genetik (keturunan) dan perubahan hormon
Penyakit kencing manisa dan kolesterol tinggi
Gaya hidup yang tidak aktif dan kekurangan gerak
Kebiasaan merokok dan meminum minuman keras
Kehamilan

Gejala Varises:

Anda juga sering mengalami kram pada bagian kaki walaupun dalam kondisi santai. Hal ini diakibatkan terjadinya penyumbatan aliran darah yang mengalir di sekitar kaki.
Saat Anda memiliki  luka pada bagian kaki maka akan sulit untuk sembuh dalam waktu dekat. Hal ini berhubungan dengan kandungan gula dalam darah karena varises juga ditimbulkan oleh orang yang mengalami gangguan gula dalam darah.
Saat berdiri pada waktu yang cukup lama, Anda akan merasakan mudah lelah pada tungkai kaki. Kaki terasa panas dan pegal karena tidak mampu menahan beban berat saat berdiri. Biasanya Anda juga akan merasakan kaki yang pegal dan panas pada malam hari menjelang tidur.
Jika Anda memperhatikan dengan cermat maka gejala varises timbul dengan perubahan warna kulit pada kaki. Hal ini juga karena penyumbatan aliran darah yang mengalir biasanya kaki berwarna agak kebiru-biruan.
Jika pembuluh vena semakin melemah maka akibatnya akan timbul benjolan seperti rantai yang berkelok-kelok di bagian tungkai kaki Anda.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s