Menyilangkan kaki bisa sebabkan varises

Menyilangkan kaki bisa sebabkan varises,- Menyilangkan kaki adalah salah satu kebiasaan yang kebanyakan dilakukan wanita ketika duduk. Tampaknya tak ada yang salah dengan kebiasaan ini. Ahli medis juga mengungkap bahwa menyilangkan kaki tak selalu bisa menyebabkan varises. Namun ada kalanya kebiasaan menyilangkan kaki bisa memicu munculnya varises jika masalah ini sudah ada dalam keluarga.

Apa yang sebenarnya menyebabkan varises? Varises terjadi ketika otot pada kaki atau tungkai kita mengalami pembengkakan. Pembuluh darah arteri bertugas membawa darah yang mengandung oksigen, sementara pembuluh vena membawanya kembali ke jantung dan paru-paru. Otot pada kaki dan tungkai berperan dalam hal ini.

Pembuluh darah pada kaki akan menjaga darah mengalir ke arah yang seharusnya. Namun ketika pembuluh tertentu terlalu lemah (ini bisa dipengaruhi oleh genetik), maka kemungkinan darah bisa berkumpul di satu tempat dan membuat pembuluh bena menjadi bengkak, renggang, dan menimbulkan tonjolan pada kulit. Inilah yang kemudian disebut varises.

Varises biasanya lebih banyak terjadi pada wanita, terutama ketika mereka tengah hamil. Salah satu penyebabnya adalah terlalu sering berdiri dengan berat badan yang berlebihan. Ini karena otot kaki yang lemah tak bisa mengalirkan darah ke jantung dengan efektif. Jika seseorang memiliki pembuluh darah yang lemak secara genetik, maka kebiasaan menyilangkan kaki selama beberapa tahun akan memicu pembentukannya.

Untuk mencegah varises, sebaiknya berolahraga untuk menjaga berat badan dan menguatkan otot kaki. Coba lakukan aktivitas sederhana seperti bersepeda atau berenang. Selain itu, hindari sepatu hak tinggi dan jangan terlalu sering menyilangkan kaki. Cobalah sesekali menaikkan kaki lebih tinggi dari jantung untuk menghindari adanya darah yang berkumpul kaki.

Posted by : pengertiantentangvarises1.wordpress.com

Leave a comment